Informasi Dunia Maya Terkini | Andry Hanafi Semprotan Pembunuh Nyamuk (Fogging) - Andry Hanafi
Headlines News :
Home » » Semprotan Pembunuh Nyamuk (Fogging)

Semprotan Pembunuh Nyamuk (Fogging)

Written By Unknown on Rabu, 30 Januari 2013 | 04.17

Semprotan Pembunuh Nyamuk (Fogging)

 


Cara Melakukan Fogging Nyamuk Deman Berdarah Yang Benar Bila Ada Yang Terjangkit DBD

Pengasapan atau fogging untuk memberantas nyamuk aedes aegypti penyebab demam berdarah bisa berbahaya jika dilakukan tanpa prosedur. Selain bisa menyebabkan orang yang menghirup gas semprotan keracunan, fogging juga berdampak buruk bagi keseimbangan ekosistem.
Koordinasi sangat diperlukan mengingat ada standar campuran untuk fogging. Minimal, cairan dan obat yang digunakan harus sesuai dengan standar Badan Kesehatan Dunia (WHO).
Selain itu, fogging biasanya dilakukan jika ada warga yang terkena DBD di suatu wilayah. Itupun harus ada surat keterangan dari dokter rumah sakit atau puskesmas.
Biasanya petugas akan mengecek apakah di lingkungan sekitar rumah penderita DBD ini ada warga lain yang mengalami demam tinggi atau tidak.
Jika ada, dapat diindikasikan penularan DBD itu dimulai dari lingkungan tersebut. Terlebih jika ditemukan juga jentik-jentik nyamuk dalam jumlah banyak. Dalam kondisi demikian, petugas kesehatan akan melakukan penyemprotan.
“Namun jika hasil penyelidikan epidemiologi (PE) itu negatif, tidak boleh dilakukan fogging. Jika tetap dilakukan, justru akan merusak eksositem yang ada seperti mematikan sejumlah serangga,” ungkapnya.

  
Fogging dilakukan dengan cara efektif dan memenuhi kaidah teknik penyemprotan nya :

  1. Fogging yang efektif dilakukan saat pagi hari.
  2. Waktu angin belum begitu kencang.
  3. Saat aktivitas menggigit nyamuk tersebut sedang memuncak.
  4. Fogging dilakukan di dalam dan di luar rumah, tetapi bukan di selokan-selokan seperti yang banyak kita lihat. Pada dasarnya fogging ini hanya efektif untuk membunuh nyamuk dewasa saja.
Adapun jenis-jenis insektisida yang bisa digunakan untuk mengendalikan nyamuk juga banyak pilihan . Tetapi tindakan yang paling bijaksana untuk mengatasi nyamuk adalah menghilangkan tempat perindukannya, dengan membersihkan tampat penampungan air minimal 1 minggu sekali.
Selain upaya di atas pemeliharaan ikan di perairan yang tidak mengalir juga merupakan alternatif pengendalian larva nyamuk. 


Berikut gambar-gambar kegiatan saat Fogging didaerahku ^^









Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

メPirateZメ

Pengikut

KUNJUNGAN SITUS TERKINI

Sistema Enlaces Reciprocos
 


Copyright © 2013. Andry Hanafi